Kenapa Sanggar Cantrik Membuat Film?

Siapa sih yang tidak menyukai film? Film merupakan salah satu media hiburan yang sangat menarik bagi siapa saja. Baik muda, tua, laki-laki, perempuan, anak-anak, dewasa semua menyukai menonton film. Hal ini juga diamini oleh Yuanita Puspitasari Program Manajer Sanggar Cantrik Yayasan Sahabat Gloria. Wanita yang akrab disapa Yua ini sedang  memproduseri film terbaru Sanggar Cantrik berjudul GAZEBO.

GAZEBO dan film – film pendek produksi Sanggar Cantrik Yayasan Sahabat Gloria merupakan salah satu jawaban atas keprihatinan Sanggar Cantrik terhadap kurangnya media belajar untuk anak – anak. Menurut Yua, saat ini memang sudah banyak media yang menampilkan sosok anak – anak, dengan segmentasi yang memang untuk anak. Namun banyak konten yang  terkandung di dalamnya kurang sesuai. Sanggar Cantrik mempunyai concern melakukan pendampingan kepada anak melalui media belajar yang memiliki konten dan melibatkan anak-anak sebagai pemeran.

Melalui kehadiran film GAZEBO, diharapkan anak – anak bisa belajar mengenai pesan pesan dan kandungan moral dari film tersebut. Selain itu, diharapkan mampu menjembatani komunikasi antara anak dan orang dewasa. Dewasa di sini berarti adalah orang – orang yang lebih tua dari seorang anak, bisa berarti dewasa itu adalah orang tua, guru, kakak, dan sebagainya.

GAZEBO, adalah salah satu film pendek produksi Sanggar Cantrik, yang mengambil literasi sebagai tema besarnya. Sanggar Cantrik saat ini memang sedang concern terhadap literasi anak. Di Sanggar Cantrik literasi menjadi salah satu cara dan media pembelajaran karakter pada anak di tahun ini. Kenapa literasi? Saat ini sebagian besar anak-anak sanggar memiliki keterbatasan dalam mengakses bacaan bermutu yang memang ditujukan bagi anak-anak. Sebagian besar anak-anak yang mengikuti kegiatan sanggar memiliki indikasi berada dalam posisi semi literated (mampu membaca tetapi kurang mampu menangkap isi bacaan). Selain itu, sebagian besar sekolah maupun komunitas tempat Sanggar berada, dalam kesehariannya tidak mendukung suasana literasi yang sehat (masih kurangnya budaya membaca, budaya menulis, budaya memanfaatkan bacaan).

Saat ini Sanggar Cantrik sedang merintis Program Literasi yang berfokus pada penyediaan media bacaan anak, dengan sebagai langkah awal menitikberatkan: anak yang membuka, baca buku/bacaan atas kehendaknya sendiri, menikmatinya, dan mendapat manfaat dari buku/bacaan tersebut. Diharapkan dengan berliterasi, wawasan anak bertambah, serta meningkatkan atau menguatkan karakter, lifeskill, dan keberagaman dalam diri anak – anak.

Semoga melalui film GAZEBO anak bisa menemukan kesenangan sekaligus berpetualang ketika membaca.