KUPAS : KREATIVITAS “Kreasi Tanpa Batas”

Sanggar cantrik adalah sanggar bermain dan belajar pendidikan karakter. Dalam menjalankan hal tersebut, Sanggar Cantrik bekerja sama dengan banyak pihak, salah satunya fasilitator. Saat ini Sanggar Cantrik mempunyai 34 sanggar anak yang meilibatkan fasilitator yang sebagian besar masih mahasiswa dan berasala dari berbagai macam disiplin ilmu. Keberagaman yang dimiliki oleh masing-masing sanggar membuat forum diskusi menjadi hal yang sangat penting. Forum diskusi ini diwadahi sebuah pertemuan bernama KUPAS (Kumpul Pasilitator) yang rutin diadakan hari Rabu minggu pertama setiap bulannya.

Tanggal 5 Juni lalu, KUPAS mengangkat tema kreativitas pada anak. Melalui pertemuan ini diharapkan fasilitator dapat memberi ruang agar kreativitas anak berkembang dengan optimal. Manajemen Sanggar Cantrik menghadirkan Mas Redy sebagai narasumber yang juga menjabat ketua komunitas Anak Kolong Tangga. Pengalamannya sebagai pribadi yang bergelut di dunia anak, membuat materi-materi yang disampaikan semakin memperlengkapi para fasilitator yang hadir.

Pada kesempatan tersebut, Mas Redy menyampaikan hal-hal yang bisa dilakukan untuk memberi ruang agar kreativitas anak berkembang dengan optimal misalnya dengan :

  1. Mengelompokkan anak dalam kelompok kecil supaya lebih efektif. 
  2. Hindari menggunakan kata ” tidak boleh” atau “jangan”
  3. Berikan apresiasi pada hal yang memang perlu.
  4. Membiarkan anak untuk membuat kesalahan dalam kegiatan.

Mas Redy juga memberikan tantangan kepada fasilitator untuk membuat beberapa benda dengan kertas bekas yang jumlahnya hanya sedikit. Melalui hal tersebut, Mas Redy ingin menyampaikan bahwa kreativitas dapat tercipta dari spontanitas. Dalam beberapa hal, terkadang anak meminta kita untuk bisa kreatif karena kreativitas bukan hanya tentang objek tapi juga termasuk pengembangan pikiran.

Para sahabat anak, mari sediakan dirimu untuk diperlengkapi dalam KUPAS!