Menarik Perhatian Anak ala Maria Ong

rez2

Suasana Kupas ” Menarik Perhatian Anak” bersama Kak Maria Ong

Menarik perhatiannya anak bukanlah hal yang mudah. Batas konsentrasi anak usia TK hanya sekitar 5 menit sedangkan untuk anak-anak SD sekitar 10 menit. Tentu saja itu menjadi tantangan bagi fasilitator Sanggar Cantrik yang bergerak di pelayanan anak. Dalam Kupas, 02 April 2014, manajemen Sanggar Cantrik mengundang Kak Maria OngĀ  seorang guru playgroup di Happy Holy Kids. Guru muda yang akrab dipanggil Cik Meymey ini membagikan pengalamannya kepada fasilitator cara-cara menarik perhatian anak.

  1. Terbuka dengan anak-anak
  2. Mengasihi anak dengan tulus atau melakukan pelayanan bukan berdasar pada keterpaksaan. Keterpaksaan akan mendorong orang cepat frustrasi dengan apa yang dikerjakannya.
  3. Kita perlu menyadari bahwa ada anak yang menyenangkan dan tidak menyenangkan, namun jika berdasar pada kasih yang tulus maka kita dapat melihat bahwa semua anak itu menyenangkan
  4. Dunia anak adalah dunia bermain yang dipengaruhi penglihatan. Anak-anak belajar dengan 20% mendengar dan 80% dengan melihat. Sehingga penampilan kita sangatlah penting untuk menarik perhatian anak (berpenampilan bersih dan menggunakan pakaian berwarna cerah).

    Kak Maria Ong membagikan pengalamanannya dengan penuh ekspresi

    Kak Maria Ong membagikan pengalamanannya dengan penuh ekspresi

  5. Perlu ada trik-trik tertentu untuk menarik perhatian anak ditengah pembelajaran misal dengan menggunakan
    1. Yel-yel
    2. Lomba menjadi patung
    3. Sapaan yang unik misal hai-halo
    4. Penggunaan suara-suara yang tidak biasa misal uhuy.
    5. Melibatkan anak dalam permainan
    6. Bertanya tentang kehidupan sehari-hari anak
    7. Membuat materi pembelajaran yang menarik dan berbeda
    8. Jangan pernah takut jelek