Sanggar Kalimantan Tengah : Surat Sahabat untuk Anak

Menjadi fasilitator Sanggar Cantrik Kalimantan adalah keputusan yang penuh tantangan. Selain kebudayaan yang tentu saja berbeda dengan di Jawa, anak-anak Sanggar Cantrik Kalimantan (Khususnya Kalimantan Tengah) memiliki keistimewaan tersendiri. Hal ini tidak menghalangi Alen dan Eta untuk membagi hidupnya dengan anak-anak Sanggar Cantrik di Kalimantan Tengah. Banyak hal menarik yang telah mereka lakukan bersama anak-anak hampir 6 bulan ini. Sejak Agustus 2013, mereka telah menjadi sahabat dan kakak bagi anak-anak Sanggar Cantrik Kalimantan Tengah. Ada sebuah tradisi menarik yang mereka lakukan di Sanggar Cantrik. Anak-anak sanggar boleh mengirimkan surat pribadi untuk fasilitator kapan pun anak-anak mau.

Surat dari Sendy

Alen dan Eta akan dengan setia membalas setiap surat yang mereka terima. Meski tampaknya sederhana, hal ini sudah banyak menolong anak-anak sanggar memiliki kedekatan personal dengan fasilitator sanggar. Kedekatan ini tergambar juga ketika Alen dan Eta diundang untuk hadir dalam perayaan ulang tahun salah-satu anak sanggar.

Eta dan Alen menghadiri ulang tahun salah satu anak Sanggar Cantrik

Melalui surat menyurat ini, anak-anak juga belajar merefleksikan secara pribadi apa yang sudah dipelajari di Sanggar Cantrik.