Pola Belajar Asyik Punya Sanggar Cantrik

ABCDESanggar Cantrik mendukung semua potensi anak supaya mendapatkan kesempatan dan dukungan untuk berkembang secara optimal. Oleh sebab itu, Sanggar Cantrik menerapkan metode pendidikan partisipatoris dalam aktivitas sanggar. Pendidikan partisipatoris adalah metode dimana anak dan fasilitator menikmati proses penemuan bersama-sama. Sanggar Cantrik mewujudkan hal tersebut dengan pola pembelajaran ABCDE.

 

A (Ajak Melingkar)
Merupakan aktivitas awal sebelum memulai kegiatan sanggar yang bertujuan untuk membuat anak maupun fasilitator tertarik,siap dan fokus untuik menikati interaksi di sanggar.
B (Berkegiatan)
fasilitator bersama anak terlibat langsung, bertindak dan berperilaku membentuk pengalaman bersama dengan melibatkan aktivitas visual, auditory, dan kinestetik.
C (Cerminkan)
bersama anak-anak menemukan contoh konkrit karakter yang ada dalam pengalaman bersama dengan mengolah seluruh ungkapan pengalaman, baik pengalaman sendiri maupun pengalaman orang lain, kemudian mengkaitkannya dengan pengalaman lain yang mungkin mengandung ajaran, nilai-nilai atau makna yang serupa.
D (Diterapkan)
Anak dan fasilitatir merumuskan prinsip-prinsip berupa kesimpulan umumĀ (generalisasi) dari pengalaman tersebut melakukan perencanaan untuk menerapkan prinsip-prinsip yang telah disimpulkan dari pengalaman sebelumnya.
E (Evaluasi)
anak dan fasilitator mengevaluasi penerapan yang telah dilakukan dan merayakan proses pembelajaran. Bersama anak-anak melihat kembali apa yang terjadi ketika mencoba melakukannya? kesulitan apa yang dialami? usaha apa yang sudah dilakukan? apa ide untuk mengatasi kesulitan itu?
Melalui pola ABCDE ini, diharapkan anak dan fasilitator memiliki komunitas belajar yang menyenangkan dan mencerahkan sehingga tercipta ruang bertumbuh seutuhnya bagi anak-anak.