Mengapa Cantrik?

IMG_9567_mengapaSebagai generasi penerus peradaban, semua anak berhak memperoleh kesempatan mengembangkan kemampuan akademik, sosial, emosional, dan fisiknya secara penuh. Konvensi Hak Anak antara lain menyebutkan bahwa setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang baik dan berhak mengembangkan potensinya semaksimal mungkin. Mereka juga berhak hidup dalam komunitas yang aman, damai, di tengah lingkungan yang sehat.
Oleh karena itu sudah semestinya anak-anak mendapat ruang yang sepenuhnya mempersiapkan kehidupan anak dalam menyambut masa depan lebih cerah. Namun, ternyata tidaklah mudah mendapatkan ruang seperti itu. Diperlukan sinergi antara sekolah, masyarakat, dan orang tua dalam menciptakan ruang bertumbuh yang ramah anak.
Cantrik mencoba ikut berperan dalam menciptakan ruang-ruang belajar dan bertumbuh yang seutuhnya bagi anak-anak tersebut. Hal itu hanya dapat diwujudkan melalui bersinergi dengan sekolah, keluarga, dan masyarakat. Kegiatan Cantrik dibentuk sebagai suplementasi belajar bagi anak-anak, terutama dari segi pendidikan karakter, life skill, dan keberagaman. Melalui Cantrik, anak-anak diharapkan mendapat alternatif pendidikan agar mereka lebih siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan. Lingkungan sekitar dan berbagai potensi lokal menjadi bagian yang amat penting dan tak terpisahkan dari pengembangan lingkungan bertumbuh yang seutuhnya ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *