Muatan Cantrik

IMG_0384__Anak-anak telah mendapatkan pembelajaran akademik yang intens di sekolah. Namun, kerap kali  penanaman budi pekerti, seni, akhlak, dan keterampilan terabaikan begitu saja. Sanggar Cantrik berusaha memfokuskan diri untuk memfasilitasi pelaksanaan pembelajaran di atas.

Pendidikan Karakter

Karakter yang kuat membuat seseorang menjadi pribadi yang utuh dan tangguh. Mereka tidak tergantung pada lingkungan, tetapi menjadi pemimpin dan pembaru bagi lingkungannya. Karakter merupakan inti dari manusia yang unggul dan bermartabat. Dengan karakter yang kuat, anak-anak akan mampu mengatasi berbagai tantangan hidup ini. Sanggar Cantrik berusaha mengembangkan model pendidikan karakter yang disusun dalam kurikulum sanggar. Pendidikan karakter tersebut menggabungkan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, sehingga siswa tidak hanya diberi pengetahuan tetapi juga diajak mempraktikkannya supaya karakter-karakter tersebut terbentuk secara utuh.  Enam karakter dasar dikembangkan dalam model pendidikan ini yaitu: Karakter Percaya Diri, Kasih Sayang, Kejujuran, Kreativitas, Kerja Sama, dan Tanggung Jawab.

Pendidikan Life Skill

Untuk menciptakan kehidupan yang lebih cerah di masa depan, anak-anak perlu dibekali berbagai kemampuan dalam bertahan hidup. Life skill atau kecakapan hidup merupakan pengetahuan dan kemampuan yang diperlukan oleh seseorang agar menjadi mandiri. Berbagai aktivitas dirancang untuk mebangun pendidikan ini dengan melibatkan berbagai pontensi lokal.

Pendidikan Keberagaman

Keberagaman adalah ciri utama bangsa kita. Anak-anak perlu mengerti bagaimana memaknai keberagaman tersebut sehingga tercipta lingkungan yang damai dan menyenangkan. Pendidikan keberagaman diharapkan menciptakan suasana belajar yang terbuka, partisipatoris, dan menjunjung tinggi kesetaraan dan persamaan hak.

Lihat juga:

Mengapa Sanggar?

Visi Sanggar Cantrik

Partisipasi Sanggar

Contact Us