Testimony Eta, Fasilitator Sanggar Cantrik Kuala Kapuas

Eta dan Alen menghadiri acara ulang tahun salah satu anak sanggar

Menjadi seorang  fasilitator anak di Sanggar Cantrik Kalimantan Tengah, Yayasan Sahabat Gloria memberikan  banyak pengalaman yang belum pernah saya alami sebelumnya. Tidak pernah terbayangkan dapat mengunjungi  pulau hutan tropis ini. Ada sedikit kekahwatiran  menyelinap di hati sebelum berangkat karena berbagai isu yang beredar tentang Kalimantan. Tetapi semua kekahwatiran itu sirna, setelah menginjakkan kaki di kota air,  Kuala Kapuas. Bertemu dengan orang-orang luar biasa dan anak-anak yang ceria, penuh semangat. Alam yang asri dengan pemandangan perahu-perahu di sungai Kapuas merupakan daya tarik tersediri.

Anak-anak Kapuas memberikan banyak inspirasi dan kekaguman di hati. Semangat belajar dan kepercayaan diri mereka mereka patut diacungi jempol, walaupun dengan sarana dan prasana serta guru yang terbatas. Banyak hal yang  saya peroleh selama  belajar dan bermain bersama anak-anak ini. Hal yang paling berkesan selama menjadi fasilitator anak adalah belajar  BERSYUKUR. Terkadang situasi tidak selalu seperti yang dipikirkan tetapi bagaimana sikap kita dalam menghadapi masalah-masalah. Ada beberapa anak yang sangat sulit dihadapi tetapi itu tidak mematahkan semangat untuk memberikan yang terbaik bagi mereka.

Mempunyai partner kerja yang hebat dan kompak juga  sangat membantu  membentuk tim yang solid dalam memberikan pelayanan kepada anak-anak. Saya mendapat kesempatan untuk belajar dari parner kerja  yang kreatif. Teman-teman dari managemen Sanggar Cantrik juga memberikan wadah untuk berdiskusi , hal ini membantu kami dalam proses belajar  bersama anak-anak di Kapuas.

Guru-guru dan masyarakat Kapuas yang ramah dan terbuka membuat saya nyaman dan betah di kota air ini. Kegiatan-kegiatan Sanggar Cantrik mendapat dukungan yang besar dari pihak sekolah dan masyarakat. Mereka  telah menciptakan rumah yang hangat bagi kami dan di sini saya menemukan keluarga baru.

-Eta-