Turn On your PC

Sejalan dengan visi Sanggar Cantrik yaitu menumbuhkan komunitas-komunitas belajar yang menyenangkan, maka Sanggar Cantrik berusaha memfasilitasi pertumbuhan setiap fasilitator dan anak yang tergabung dalam Sanggar Cantrik. Komunitas belajar yang ada di Sanggar Cantrik antara lain komunitas belajar untuk anak, komunitas belajar untuk fasilitator, dan komunitas belajar untuk guru, orang tua, serta masyarakat. Komunitas belajar ini  rata-rata diisi dengan diskusi, mengundang para ahli, bedah buku, bedah film, dll. Bentuk-bentuk komunitas belajar untuk fasilitator antara lain Preparation class (PC), Kumpul Fasilitator (Kupas), dan Workshop.

Untuk kali ini akan dibahas mengenai preparation class (PC) yang dilakukan rutin dalam kerangka penambahan kapasitas fasilitator. Tujuan utama dari PC adalah menyiapkan materi kegiatan pembelajaran di sanggar. Selain itu PC juga merupakan wadah pertemuan antara manajemen dengan fasilitator sanggar untuk mendiskusikan jika ada masalah di sanggar dan untuk mengevaluasi keberlangsungan sanggar.

PC dilakukan sebulan sekali dengan mengumpulkan fasilitator dari 3 sampai 4 sanggar. Kegiatan ini diawali dengan presentasi rencana kegiatan masing-masing fasilitator untuk sanggarnya,dan setelah presentasi, fasilitator mensimulasikan rancangan kegiatan yang telah mereka susun. Selesai mempresentasikan kegiatan dan mensimulasikannya, maka tahap selanjutnya adalah mendiskusikan rancangan tersebut. saat mendiskusikan rancangan kegiatan maka akan fasilitator akan saling memberikan masukan untuk  mempertajam kegiatan, jenis aktivitas maupun cara menyampaikan atau memberi instruksi ke anak. Harapannya dari penajaman-penajaman tersebut, terbentuklah rencana pembelajaran yang tepat sasaran, menyenangkan, dan efektif.